logo blog
Advertise 728x90

5 Cara Alami Menyembuhkan Sariawan

5 Cara Alami Menyembuhkan Sariawan

5 Cara Alami Menyembuhkan Sariawan

Sariawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi, Menurut Wikipedia.

Penyebab bisa terjadinya sariawan dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang menurun, penggunaan gigi palsu, kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik dan benar, serta penggunaan obat-obat tertentu, misalnya antibiotik atau kortikosteroid.

Ada juga beberapa gejala jika seseorang mengalami sariawan antara lain rasa sakit saat menelan, rasa tidak nyaman didalam mulut, sensasi terbakar pada lidah dan luka berwarna putih yang bisa muncul dilidah atau di dinding mulut.

Selain itu, ada juga beberapa cara alami untuk menyembuhkan sariawan. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik dibawah ini.

01. Daun Sirih

Caranya ialah sediakan 1 - 2 lembar daun sirih yang masih segar, lalu cucikan daun sirih sampai bersih, kunyah hingga lumat dan buang ampasnya.

02. Daun Ketepeng

Caranya ialah sediakan 4 lembar daun ketepeng cina dan 1/4 sdt garam. Lalu cucikan sampa bersih daun ketepeng. Kemudian kunyah dengan garam, tunggu selama beberapa menit dan telan airnya.

03. Temulawak

Caranya ialah sediakan 1 rimpang temulawak, iriskan tipis-tipis dan keringkan. Sediakan juga 3 buah asam dan 1 potong gula aren. Lalu rebuskan temulawak dengan 2 gelas air, tambahkan dengan asam dan gula aren. Kemudian saringkan dan minum 1 cangkir 2 kali sehari.

04. Mengkudu

Caranya ialah sediakan 2 buah mengkudu, 2 sdm air masak dan 1 sdm madu. Lalu cucikan sampai bersih buah mengkudu dan parutkan, kemudian tambahkan dengan air dan madu. Setelah itu diperas dengan kain bersih dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

05. Daun Kemangi

Caranya ialah sediakan 1 genggam daun kemangi yang masih segar dan kering. Lalu rebuskan daun kemangi dengan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas saja, setelah itu minum ramuan tersebut.

Nah, itulah cara-cara alami untuk menyembuhkan sariawan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Bagikan Artikel ini:

Oquatro Health News adalah portal yang membahas tentang kesehatan dan kecantikan, beri opini Anda tentang artikel yang Anda baca ini, terima kasih.

Copyright © 2015. Oquatro Health News - All Rights Reserved