logo blog
Advertise 728x90

Mengobati Batuk Rejan Dengan Obat Herbal

Mengobati Batuk Rejan Dengan Obat Herbal

Mengobati Batuk Rejan Dengan Obat Herbal

Batuk rejan atau pertusis adalah penyakit yang disebut juga dengan batuk 100 hari. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit infeksi pernapasan yang sangat menular. Penyakit ini lebih sering menyeang pada anak-anak, terutama dibawah umur 2 tahun.

Batuk rejan juga dapat terjadi pada orang dewasa, tetapi tidak berbahaya. Penyakit ini lebih bahaya jika menyerang pada anak-anak, balita dan usia lanjut.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis dan terkadang oleh Bordetella parapertussis. Penyakit ini bisa menular melalui batuk atau bersin si penderita yang terinfeksi.

Gejala yang timbul saat mengalami batuk rejan adalah dada terasa dingin, batuk pada malam hari, bersin, nafsu makan menjadi hilang, lesu, infeksi mata. Setelah 7 - 14 hari, batuk semakin hebat dan berulag dengan cepat disertai dahak kental.

Setiap batuk diakhiri dengan suara melengking. Selama serangan batuk muka penderita kelihatan merah kebiruan. Pada bayi, serangan batuk dapat menyebabkan bayi tidak bernapas secara periodik, kekurangan oksigen dan gangguan pada metabolisme.

Selain itu, ada juga beberapa cara untuk menyembuhkan batu rejan dengan menggunakan obat herbal. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik cara untuk menyembuhkan batu rejan dengan menggunakan obat herbal.

01. Kencur

Caranya ialah sediakan 10 gr kencur dan 15 gr pegagan. Lalu cucikan semua bahan hingga bersih dan tumbuk sampai halus. Kemudian rebuskan semua bahan dengan 400 cc air, tunggu sampai tersisa menjadi setengahnya. Setelah itu disaring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

02. Bawang Putih

Caranya ialah sediakan 1 siung bawang putih, 5 gr daun sambiloto dan madu secukupnya. Lalu cucikan semua bahan hingga bersih, kemudian rebuskan semua bahan dengan 300 cc air, tunggu sampai tersisa menjadi 160 cc. Selanjutnya tambahkan dengan madu. Setelah itu, minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

03. Daun Jinten

Caranya ialah sediakan 10 lembar dan 6 lembar daun waru muda. Lalu cucikan semua bahan hingga bersih, kemudian rebuskan semua bahan dengan 600 cc air, tunggu sampai tersisa menjadi 300 cc air. Selanjutnya saring air ramuan tersebut. Setelah itu, minum ramuan tersebut 2 - 3 kali sehari.

04. Bunga Sepatu

Caranya ialah sediakan 2 kuntum bunga sepatu, 15 gr bunga tahi kotok dan gula aren secukupnya. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih, rebuskan semua bahan dengan 600 cc air, tunggu sampai tersisa menjadi 300 cc air. Selanjutnya saringkan air rebusannya. Setelah itu, minum ramuan tersebut 2 - 3 kali sehari.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk menyembuhkan batuk rejan dengan menggunakan obat herbal. Semoga ariktel ini bermanfaat bagi Anda terima kasih.

Bagikan Artikel ini:

Oquatro Health News adalah portal yang membahas tentang kesehatan dan kecantikan, beri opini Anda tentang artikel yang Anda baca ini, terima kasih.

Copyright © 2015. Oquatro Health News - All Rights Reserved